Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Pelatihan Pemasangan dan Penggunaan Tabung Oksigen Bagi Relawan Covid-19

18 January 2022   352
Image

Pandemi Covid-19 masih belum berakhir, keberadaan tabung oksigen masih sangat diperlukan untuk pasien penyintas Covid-19. Oleh karena itu sudah selayaknya bagi seluruh relawan menguasai tata cara penggunaan tabung oksigen untuk pertolongan pertama atau darurat. 

Pada Kamis (30/12) bertempat di aula kantor PPPA Daarul Qur’an Semarang telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi pemasangan dan penggunaan tabung gas oksigen bagi relawan Covid-19. Pada latihan kali ini, para relawan diajarkan mengenai tata cara penggunaan tabung oksigen dan isolasi mandiri (isoman).  

Semua relawan yang hadir pada saat itu terlihat antusias menerima penjelasan dan pengarahan dari instruktur. Andrian Edy Prananto, S.Kep., Ners., selaku perawat di Rumah Sakit Raden Patah, Demak, berkesempatan memberikan pengarahan pada hari itu. Pelatihan dilakukan santai tetapi tetap serius.

Andrian terlebih dahulu memperkenalkan nama alat-alat beserta kegunaanya. Dilanjutkan dengan mempraktikkan langsung bagaimana cara menggunakan tabung tersebut. 

Penggunaannya dimulai dengan merangkai tabung beserta bagian-bagiannya sehingga siap digunakan. Hal pertama yang dilakukan sebelum memasang perlengkapan tabung adalah mengecek adanya oksigen di dalam tabung dengan cara membuka pompa sebentar kemudian ditutup kembali. 

Sebelumnya, jauhkan tabung dari benda-benda berbahaya seperti api karena dapat memicu ledakan. Kemudian pasang regulator pada ujung tabung, kencangkan dengan memutar baut yang ada (usahakan pakai kunci inggris agar baut kencang sehingga tabung tidak ngobos). Setelah regulator terpasang, pasang water level dan nasal kanul.

Setelah semua bagian terpasang dengan baik, putar tuas tabung sehingga tabung terbuka. Atur jumlah oksigen yang dikeluarkan sesuai dengan kenyamanan pasien. Setelah selesai, putar tuas tabung sehingga tabung tertutup. Keluarkan sisa oksigen yang masih tersisa diluar dengan memutar tuas pengatur pada regulator, hingga menunjukkan angka nol. Kemudian lepaskan secara perlahan bagian-bagian tabung. Rapikan peralatan kembali dan simpan dengan baik. 

Zaenul Komar selaku Kepala Cabang PPPA Daarul Qur’an Semarang mengucapkan terima kasih atas bantuan tabung oksigen dari PT. Sarana Multi Infastruktur (SMI). “Semoga tabung oksigen yang telah diberikan kepada kami bermanfaat dan harapan saya dengan adanya tabung oksigen beserta dengan pelatihan siang ini menjadikan kita tahu bagaimana cara menggunakan tabung oksigen dengan baik dan benar,” ujarnya.

Oleh: Benny, PPPA Daarul Qur’an Semarang

Keywords : Covid-19, Oksigen, Semarang